Monday, May 08, 2006

Mutiara-mutiara yang terkenal

Mutiara Abernathy

Mutiara alami dari air tawar ini ditemukan oleh William Abernathyl, sang penyelam mutiara di sungai Tay pada tahun 1967. Dengan berat 44 grains, mutiara ini dianggap mutiara yang paling sempurna yang ditemukan dari sungai-sungai di Skotlandia. Mutiara ini diberi nama “the little willie”.

Mutiara Big Pink

Mutiara besar bewarna pink ini berharga 4.7 juta dollar amerika pada tahun 1991. Dia dicatat dalam buku Guiness Book of Records sebagai mutiara yang paling besar yang ditemukan dari abalone (Haliotis). Berbentuk baroque dan memilik berat 470 carat setara dengan 94 gram. Mutiara ini dimiliki oleh Wesley Rankin yang menemukannya di Salt Point State Park, California pada tahun 1990.

La peregrina

La peregrina atau Sang pengelana (musafir) adalah mutiara yang ditemukan di Kepulauan Perlas, lepas pantai Panama pada tahun 1500-an. Konon, mutiara ini ditemukan oleh seorang budak yang menginginkan kebebasan sebagai bayaran dari mutiara yang ditemukannya. Mutiara ini dibawa dan diserahkan kepada Raja Spanyol Phillip II dan sang raja menghadiahkannya kepada Ratu Maria, sebagai hadiah perkawinan. Saudara dari Napoleon I, Joseph Bonaparte mengambil mutiara ini dan membawanya ke Prancis dan akhirnya sampailah mutiara ini kepada Duke of Abercrombie. Akhirnya, mutiara ini dibeli dengan harga 37 ribu dollar amerika oleh Richard Burton dan menghadiahkannya sebagai hadiah Valentine’s Day kepada Elizabeth Taylor. Keunikan dari mutiara ini, disamping perjalanannnya yang begitu panjang, dia memiliki bentuk seperti air mata atau buah pir, dan memiliki berat 10.192 gram.

image source: The International art treasures web magazine



Pearl of Allah (Lao-Tze Pearl)

Pearl of Allah (secara resmi dikenal dengan nama Lao-Tze pearl) adalah mutiara terbesar di dunia yang ditemukan pada tahun 1934 di lepas pantai Pulau Palawan oleh seorang penyelam Filipina. Mutiara ini dijadikan hadiah kepada Wilbur Dowell Cobb oleh kepala suku di Palawan pada tahun 1936 karena Cobb telah menyelamatkan nyawa anaknya. Keturunan Cobb menjual mutiara ini kepada toko permata di California tahun 1980 dengan harga 200.000 dollar AS. Harga saat ini ditaksir sebesar 40 juta dollar AS.

Mutiara raksasa ini ditemukan di dalam kima raksasa Tridacna gigas. Hal yang tak mungkin dihasilkan oleh kerang mutiara dari Family Pteriidae atau kerang penghasil mutiara dari jenis lain. Bentuk mutiara Pearl of Allah tidak beraturan (baroque) dan menyerupai otak kepala besar. Panjang yang mencapai 23.8 cm dan berat 6.4 kilogram menjadikannya sebagai mutiara terbesar yang ditemukan selama ini.

image source: http://images.chron.com/content/news/photos/05/01/30/allah.jpg


© 2006, N. Gustaf F. Mamangkey

9 comments:

putri said...

Subhannallah... itu cuma ada 1 di dunia? Dipakai buat hiasan doang ya? Duhh jadi pengin punya mutiara :D

lautanku said...

opss... maaf ya komentar yg diatas pakai link yang lain loginnya :D

goestaf said...

well... boleh aja... yang penting punya kl. 40 juta dollar, dan mo pake sebagai hiasan apa? kalung? cincin or antingkah? ;)

STL said...

Very nice blog, please come visit my
pearl and designer jewelry site. Whether you are looking for South Sea Pearls or other beautiful jewelry items, you can find them here.

Maggs said...

Very nice blog, please come visit my
pearl and designer jewelry site. Whether you are looking for 14 and 18 karat Gold Native American designer jewelry or other beautiful jewelry items, you can find them here.

Anonymous said...

Terima kasih untuk hal-hal yang baik

janda seksi said...

keren

Anonymous said...

Saya ingin memposting sesuatu seperti ini di website saya dan ini memberiku ide. Cheers.

Chandra Harlis said...

Terima kasih Pak Gustaf, atas infonya mengenai mutiara.