Wednesday, October 02, 2013

Again, its about the quality bro!

Dalam rangka hajatan 3rd Indonesian Pearl Festival, mutiara kedengarannya semakin menggaung. Horeee! Bahkan dari beberapa berita (salah satunya disini: http://www.antara.co.id/en/news/90862/indonesian-pearl-export-hits-beyond-us-29-million)  menyatakan tentang prestasi indonesia yang mengekspor 43% mutiara laut selatan di pasar dunia, yang artinya Indonesia mengklaim bisa mengekspor hampir setengah dari total volume mutiara ekspor dunia. Sebuah kebanggaan yang tiada taranya. Tapi, nanti dulu.... Ternyata dari jumlah volume ekspor yang hampir setengah volume ekspor dunia  itu, Indonesia (hanya) menempati ranking 9 pendapatan dari nilai ekspor yang didapatkannya. Indonesia berada di bawah Hong Kong, China, Jepang, Australia, Tahiti, USA, Switzerland and Inggris. What??? Koq bisa demikian? Mari kita lacak satu-satu dari keberadaan negara ini.
1. Hongkong: Hongkong memang bisa dimaklumi karena sebagai pengendali pasar mutiara dengan Auctions nya yang hebat mengundang buyers di seluruh dunia. Tapi, perairan lautnya tak melebih Laut Sulawesi
2. China, wow negara ini memang terkenal dengan mutiara air tawar. Kalau toh dia bermain dengan mutiara laut selatan, negara ini memang memiliki warga yang suka berkelana dan menanam saham di berbagai negara. Kan mutiara gak perlu diolah, cukup dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke negaranya sendiri dan dibuat Made in Hongkong, China, Japan dll.
3. Jepang. Jepang sih adalah negara pionir budidaya mutiara. Di samping Akoya adalah mutiara primadonanya tetapi mereka juga banyak "bermain" dengan mutiara laut selatan.
2. Australia. Negara ini dikenal sebagai kompetitor abadi di mutiara laut selatan bagi Indonesia, sayangnya sampai saat inipun Indonesia belum berhasil mengalahkan dia dari segi kualitas.
3. USA, Switzerland dan Inggris. Mereka semua mengandalkan pemasaran mutiara. Nilai mutiara diangkat tinggi-tinggi dan akhirnya dibeli lagi oleh orang Indonesia.

Kesimpulannya, Indonesia dikalahkan oleh beberapa negara yang tak punya areal yang besar untuk budidaya mutiara bahkan tak punya sama sekali. Kedua, walaupun nilai mutiara laut selatan tergolong paling tinggi dibandingkan jenis-jenis mutiara lainnya tetapi ternyata "punya"-nya Indonesia tak dihargai sebanding dengan (barangkali) Australia, Jepang dkk. Parahnya, ini digembar-gemborkan sebagai sebuah terobosan. Padahal, kita kalah, man! Kalah pada kualitasnya! Kalah jauuuuhhh... Kalau seandainya nilai dari 43% volume dinilai seperti yang diberikan ke mutiara yang berasal (atau dipaksa berasal dengan tulisan made in Hongkong padahal diproduksi di Indonesia) dari negara-negara tersebut, tak dipungkiri kita akan berada di posisi pertama. So, its about the quality bro! Jangan banyak bersorak dengan volume 43% padahal itu sebanding dengan 2% dari negara lain. Kondisi ini bisa diandaikan, Indonesia membawa satu truk mutiara semantara Australia hanya satu koper tetapi dibayar dengan harga yang sama...:)

© 2013, N. Gustaf F. Mamangkey

4 comments:

Anonymous said...

Jual mutiara

Obat Vimax said...

thanks for sharing i like your blog

IBU SUNARTI DI KALIMANTAN said...

Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya




(((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya.

Unknown said...

Salam para POKERMANIA....
Dalam Event Ulang Tahun Poker99.net situs poker online terbaik & terpercaya mengadakan
Hot Promo Poker99.net Edisi Ramadhan :
- Bonus Extra Deposit 10% ( Max 50Ribu )
- Dalam 1 hari bonus hanya di berikan 1 kali
- Maksimal bonus yang di berikan 50.000 / hari
- Pengambilan bonus harus di konfirmasi ke live chat terlebih dahulu
- Minimal turn over harus mencapai 3x dari nilai deposit anda
NB : jika ada terdapat unsur kecurangan maka bonus akan kami tarik kembali

Mari segera daftarkan diri anda dan nikmati bonus deposit nya setiap hari :)
LINK >>> http://poker99.co/

Jangan Lupa Memberitahukan Promo Menarik ini kepada Kerabat Anda.
Silakan hubungi kontak kami di :
WEB : http://poker99.net/
LINK ALTERNATIF : http://kartu99.net/
LIVECHAT : http://bit.ly/1TTxFqq / http://bit.ly/1WCbo4A
FB : http://bit.ly/1TP3NJ2
PiN BB : 5C0356AE
WA : +669 8314 500
YM : Poker99_cs1